PERAN PEMBELAJARAN MUSIK BAGI PELAYANAN MAHASISWA TEOLOGI
Abstract
- Belajar musik merupakan salah satu modal bagi mahasiswa-mahasiswi dalam melakukan pelayanan di gereja. Dan memiliki bakat bermain musik adalah karunia yang diberikan Tuhan kepada manusia. Oleh karena pelayan musik diperlukan dalam gereja maka, membagikan pengetahuan kepada yang lain dapat membantu yang tidak bisa untuk menjadi bisa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif Metode kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan penemuan yang tidak dapat diperoleh melalui prosedur statistik. Sedangkan metode kuantitatif adalah penelitian yang dilakukan kepada objek atau kelompok atau salah satu yang mewakilinya.
- Tujuan dari peran pembelajaran musik yaitu dalam pembelajaran musik diperlukan minat, bakat, dan kesungguhan serta potensi. Dan untuk mengembangkannya diperlukan kesabaran, ketekunan, disiplin waktu, motivasi, komitmen atau kesungguhan dan lain sebagainya. Sedangkan hasil pelayanan mahasiswa Sekolah Tinggi Teologi Jl. Sumberan No.3 Dsn Pacet Kab. Mojokerto, Jawa Timur adalah pelayanan merupakan tindakan pemenuhan kebutuhan orang lain atau tindakan yang dapat meringankan beban orang lain. Pelayanan dalam gereja merupakan bentuk penyerahan diri kepada Tuhan sebagai respon terhadap kasihNya. Dan dalam hal ini mahasiswa terpanggil untuk melayani Tuhan, sungguh-sungguh, dan memberikan segenap hidupnya untuk Tuhan.
Full Text:
PDFReferences
Adhi Wisnu Suwandhono, ‘PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN MUSIK BERBASIS KOMPOSISI’, SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3.2 (2017), 125–39
Dani Nur Saputra, dan Dian Herdiati, ‘PENERAPAN FLIPPED CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN TEORI MUSIK DI PRODI PENDIDIKAN MUSIK’, 18.03 (2020), 1–2
Hanifah, Hani, Susi Susanti, and Aris Setiawan Adji, ‘Perilaku Dan Karateristik Peserta Didik Berdasarkan Tujuan Pembelajaran’, Manazhim, 2.1 (2020), 105–17
Jesika, ‘Upaya Pengembangan Bakat Jemaat Imanuel Padang Sappa Kabupaten Luwu Dalam Memainkan Alat Musik Keyboard’, 2020, 3–4
Maningkas, Gilbert Jordan, ‘Analisis Metode Pembelajaran Musik Pada Pelatihan Band Di GPdI Genesaret Manado’, 3.1 (2022), 53–60
Noviyanti, Vivi, Resa Respati, and Oyon Haki Pranata, ‘PEDADIDAKTIKA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Pengembangan Multimedia Tangga Nada Diatonis Untuk Pembelajaran Seni Musik Di Sekolah Dasar’, 8.2 (2021), 364–77
Pdt. Robert P. Borrong, Ph.D, ‘KEPEMIMPINAN DALAM GEREJA SEBAGAI PELAYANAN’, Vol 2, No (2012), 8
Resa Junias dkk, ‘Musik Menurut Alkitab Dan Implikasinya Dalam Ibadah Kristen’, 1.2 (2021), 128–39
Rumende, Yoses Setiawan, ‘FUNGSI MUSIK DALAM IBADAH BESERTA PENGARUHNYA TERHADAP GAYA MUSIK TRADISIONAL DAN KONTEMPORER’, 11 (2014), 73–78
SandyAriawan, ‘Pengaruh Apresiasi Gereja Berbentuk Materi Dan Non Materi Terhadap Kualitas Pelayanan Musik Gereja Di Kota Yogyakarta’, STIPAK Malang, 1 (2018), 9
Sirait, Rajiman Andrianus, ‘Tonika : Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Seni Tujuan Dan Fungsi Musik Dalam Ibadah Gereja Dibagi Menjadi Dua Bagian ’:, 4.1 (2021), 11–21
Yosep, Wagiman, ‘Pembelajaran Musik Kreatif Pada Anak Usia Dini’, 5 (2004)
DOI: https://doi.org/10.55772/filadelfia.v5i1.74
Refbacks
- There are currently no refbacks.