Penguatan Karakter Moderisasi Keagamaan Melalui Literasi Keagamaan Dalam Pendidikan Kristiani

dwi siska widowati

Abstract


Dalam  pendidikan kristiani, studi tentang topik ini umumnya berfokus pada upaya membangun landasan  cara pandang, sikap dan praktik hidup beragama peserta didik. Berbagai kajian ini penting sebagai bentuk literasi agama. Namun sejauh ini, belum ada penelitian tentang model penguatan karakter peserta didik beragama melalui gerakan literasi agama dalam pendidikan kristiani agar nilai-nilai karakter baik terinternalisasi menjadi karakter peserta didik. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kepustakaan. Hasilnya menunjukkan bahwa penguatan karakter peserta didik akan efektif jika literasi keagamaan dilakukan sebagai gerakan partisipatif melalui kegiatan pembelajaran, pengembangan budaya sekolah, kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan di rumah/gereja/masyarakat. Hasil penelitian ini memperkaya literatur moderasi dan literasi keagamaan serta berguna sebagai input yang penting bagi para pendidik yang berkomitmen untuk membentuk karakter baik   dalam diri peserta didik.

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.55772/filadelfia.v5i2.144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.